Sabtu, 06 Oktober 2012

Lesson #18810 Learned

Harusnya gue sekarang lagi ngerjain tumpukan essay tematis (yang banyak banget gara-gara gue ngutang essay 4 minggu, astaghfirullah), tapi gue, dalam rangka menunda-nunda pekerjaan, memutuskan mau bersih-bersih file lama yang menuh-menuhin laptop. Terus gue nemu file ini.

Reaksi pertama gue adalah ngecek whether draft ini udah di-post atau belom. Dan ternyata belom. Padahal idenya udah kesusun rapi, kalimat-kalimatnya udah dipoles. Terus gue mikir, kok bisa ini belom di-post ya?
Mungkin waktu itu koneksi internetnya lagi labil. Atau postingannya belom siap. Atau mental gue yang belom siap.

Tapi sekarang, berbulan-bulan setelah draft ini pertama dibuat, gue dan postingan ini sama-sama udah siap. This is not my usual (self-admittedly) funny/witty post, but it makes me think.

***

Jam 1 dini hari. Gue dan Irlie sedang menyantap sepiring nasi goreng kambing Kebon Sirih (practically ruining my diet for that day, for all that I care), waktu topik obrolan bergeser ke kehidupan cinta masing-masing. Setelah Irlie hampir berbusa nyeritain segala tentang temen dugemnya yang paling gaul sejagat raya, adek-adek kelasnya yang ngefans berat sama dia, dan mantan gebetannya yang udah susah payah dibantuin move on tapi malah jadian sama cowo lain. Hal pertama yang terlintas di otak gue adalah, “Ni orang apes bener, pasti kena kutuk”.

Tapi kalimat pertama yang keluar dari mulut gue adalah, “Waktu putus sama Jody, gue ancur banget.”

Kalimat yang super out-of-character dari gue, tapi di hati gue yang terdalam, gue tau itu bener.

Berbulan-bulan kemudian, walau hidup berlanjut, gue tau di antara kami ada hal-hal yang belom selesai. “Kami” disini bukan gue dan Irlie, atau gue dan piring nasi goreng. Gue dan Jody. Jadian setelah proses pendekatan super ekspres yang cuma 10 hari, kelewat akur selama 9 bulan pertama, sampe makin lama makin ngerasa jauh dan akhirnya (di)putus(in) dengan alesan, “Aku (Jody) udah ga bisa liat kamu (gue) di masa depan aku (Jody, bukan nasi goreng kambing).”

Btw, nasi gorengnya enak.

Begitu aja, dan kita putus. Karena seumur-umur ga pernah ada cowo yang mutusin gue. Karena gue dari awal percaya kalo cowo mutusin gue, ya rugi di dia. Karena gue waktu itu mikir kalo gue mendingan jalan kayang pake baju Superman di Jalan Raya Margonda dari pada harus ngejatohin harga diri dengan ngemis-ngemis minta diputusin. Begitu aja dan kita putus.

Kalo gue mati sekarang *amit-amit*, say, kegiles truk tinja *AMIT-AMIT PAKE KEPSLOK*, gue yakin arwah gue bakal penasaran. Kemudian diangkat ke layar lebal oleh Multivision Plus dengan judul Arwah Rambut Highlightan Joget Truk Tinja dengan pemeran utama artis bokep Jepang ecek-ecek dan Ridho Rhoma. Tapi biarpun gue berharap percaya tumpukan dosa gue belom sebegitu tingginya sampe harus mati kena azab lindesan truk tinja di usia 19 tahun, gue ngerti banget betapa hal-hal yang belom selesai, yang masih nyangkut di hati maupun otak lo, yang masih muncul di mimpi-mimpi lo, adalah hal-hal yang bikin manusia ga bisa move on.

Kita sering denger cerita-cerita horor klasik yang setannya ga bisa balik ke alam baka. Mau nikah, malah kecelakaan. Eh mati. Eh cincin tunangannya gelinding. Jadilah si calon penganten gentayangan di tempat kecelakaannya. Ratusan tahun ga bisa tenang, sampe ada yang nemuin cincinnya. Atau mau ujian masuk universitas. Udah belajar sehari 23 jam, malah kena penyakit. Eh mati. Eh ga jadi ujian. Gentayangan lah di ruang ujian. Bertaun-taun, sampe ruang ujiannya berubah jadi WC umum pun, tetep aja arwahnya stuck disono. Pengen ujian. Moralnya, kalo mau ujian ga usah belajar, kali.

Gue jadi kangen baca Nube.

Eniwei, pada kasus di atas, si calon penganten dan calon mahasiswa adalah mereka-mereka yang ga bisa move on. Kayak gue. Mereka ga bisa move on ke kehidupan selanjutnya, sementara gue, yang tetep berharap umur gue panjang, hidup gue senang dan mati gue tenang, plis jangan bikin gue bahas truk tinja lagi, ga bisa nerima kenyataan bahwa, ini loh, gue sama Jody tuh udah putus. Ga bisa move on.

Tiap ada yang nanya nanya alesan gue putus, gue selalu jawab, “Soalnya Jody ga bisa liat gue di masa depan dia.” Makin sering gue ngulang jawaban ini, makin gue mikir kalo ini mungkin alesan putus paling absurd di dunia percintaan. Mari ya pemirsa, kita analisis bersama. Ga bisa liat gue di masa depan itu maksudnya apa? Gue bukan calon istri yang baik? Prospek gue kurang cerah? Gue bakal bikin masa depan dia suram? Lagian tolong banget ya, senalar gue sih, kalo dia bisa liat masa depan, harusnya dia udah jadi anak angkatnya Mama Lauren, bukannya belajar teknik arsitektur di ITB. Jod, lo tau ga kalo bola kristal merupakan objek berat yang fatal akibatnya jika dipukulkan ke kepala? Drawing pen sama fatalnya kalo dicolokin ke mata? Ya gue ngomong gini sih ga ada maksud apa-apa, cuma ngasih tau aja. Beneran deh.

Gue tau hubungan gue sama Jody itu udah ga sehat. Gue ga pernah bisa ngobrol sama dia. Udah malfungsi. Malnutrisi. Tiap telponan, yang itu juga makin lama makin jarang, kami paling cuma saling nanya kabar. Hari ini ngapain aja? Makan apa? Sama siapa? Wah asik banget. Ya udah salam buat mama ya. Nanti aku telpon lagi. Bye, I love you. Kami udah ga berada di frekuensi yang sama. Topik obrolan cuma berkisar antara situasi temen-temen kita, yang kita juga ga saling kenal. Si ini jadian sama si anu. Si anu ngulang mata kuliah ini. Si itu pengen putus sama cewenya. Si anu masih awet sama cowonya. Aku abis jalan sama si A, si B, si C, nonton ini. Titik. Satu tahun lebih jadian, gue belom juga dikenalin secara resmi ke keluarganya (dan gue masih curiga nyokapnya ga demen sama gue, kurang sinetron apa, pemirsa?). Padahal, gue selalu pengen banget ngobrol beneran sama Jody. Kayak pas awal kita jadian dulu. Gue butuh lebih dari sekedar “si ini jadian sama si anu. Si anu ngulang mata kuliah ini. Si itu pengen putus sama cewenya. Si anu masih awet sama cowonya. Aku abis jalan sama si A, si B, si C, nonton ini”. Gue mau tau gimana proses si ini jadian sama si anu. Siapa yang naksir duluan, nembaknya gimana, kira-kira bakal tahan berapa lama, diliat dari karakter masing-masing? Kenapa si anu ngulang mata kuliah ini? Kenapa si itu pengen putus sama cowonya, padahal masalah kayak gitu harusnya bisa diomongin? Kenapa si anu ga putus-putus sama cowonya, padahal cowonya brengsek, tukang selingkuh, paling sampah sedunia? Kamu abis jalan? Menurut kamu filmnya gimana? Bagus? Kenapa ya tokoh utamanya begini, bukan begitu? Gue butuh esensinya, bukan cuma laporannya. Ga penting? Duh, kalo gue butuh laporan mah mending jadi hansip aja.

Setaun setelah jadian, gue masih ga bisa ngobrol sama Jody. Hal-hal kecil tentang mengapa, bukan apa. Menurut gue hal-hal kecil itu penting karena gue pengen ngerti cara dia berpikir, cara pandang dia, cara dia nyelesein masalah. Hal-hal kecil kecil itu yang bisa bikin gue kenal sama dia. Yang bikin gue dulu tertarik sama dia. Sayang sama dia. Setaun jadian, gue tau hal-hal yang Jody suka, apa yang dia ga suka, apa rencana masa depan dia. Tapi gue masih ngerasa ga kenal dia.

Jam 3 dini hari. Nasi goreng gue dan Irlie udah abis lama sebelum topik pembicaraan kami abis.

“Gue mesti balik nih Li,” ujar gue sambil menatap nanar ke luar jendela, “kalo ngga entar gue ga dianggep anak.”

“Iye,” bales Irlie, “tapi ga usah pose ala-ala syuting video klip gitu juga kali.”

Irlie celingukan nyari si abang nasi goreng. Gue main-mainin sisa kerupuk di piring gue. Jam 3 dini hari, gue tersadar. Setaun lebih jadian, gue ga pernah bener-bener cinta sama Jody. I was in love with the idea of being with him. Gue mau cari dimana lagi cowo yang sepikiran sama gue? Yang ga ngerokok, ga minum, dan ga sibuk dugem 3 kali seminggu? Yang tetep setia walopun dia bisa dapet cewe mana aja yang dia mau? Yang dewasa, pengertian, dan ga posesif? Yang ga cuman main-main doang dan udah punya ide yang jelas idupnya mau dibawa kemana? Yang ga nganggep gue aneh walau gue suka bikin bunyi-bunyian random dan berbuat lebih random lagi? Jody punya itu semua dan selama kami jadian, gue selalu bangga sama dia. Cowo lo selingkuh? Dih, bentuknya begitu aja sok-sok selingkuh, seriusan lo? Jody aja yang ganteng ga pernah ganjen. Cowo lo ga lulus 5 mata kuliah? Ih suram bener, mau jadi apa? Kayak Jody dong, biar sibuk futsal dan organisasi juga kuliahnya ga keteteran. Hah, HP lo disita cowo lo gara-gara lo SMSan sama mantan lo? Insecure banget sih laki lo. Jody aja ga pernah ngecek-ngecek HP gue. Gue mau jalan sama mantan gue juga dia sante. Makanya jangan pacaran sama bocah. Dih, cowo lo ga ngebolehin lo pake rok mini atau jualan rokok? Amit-amit, emang dia ngebayar lo berapa? Jody sih ga bakalan kayak gitu. Dan seterusnya. Jody adalah model cowo yang nyaris sempurna di pikiran gue.

Tapi mungkin, lo ga selalu jatuh cinta sama orang yang menurut lo sempurna, yang memenuhi semua kriteria pasangan ideal lo.

Gue butuh berbulan-bulan sampe gue bisa nyadarin ini. Berbulan-bulan, gue terus-terusan mikir, salah gue dimana? Berbulan-bulan, gue mikir gue ga bakal bisa dapet yang kayak Jody lagi. Berbulan-bulan, hidup gue macem lagu dangdut. Aku tak bisa hidup tanpamu, Abang. Berbulan-bulan, gue benci sama Jody.

Tapi mungkin Jody udah nyadarin ini jauh sebelom gue sadar. Jauh waktu gue masih berusaha percaya kalo gue sayang sama dia, walopun dalem hati gue mungkin sebenernya sadar gue ga seneng. Gue nangis hampir tiap minggu, nanyain kapan dia pulang. Kenapa dia sibuk terus. Kenapa dia ga pernah punya waktu buat gue. Gue ga seneng, tapi gue tetep maksa, tetep ngebohongin diri gue sendiri, karena gue ga mau ngelepasin ide bahwa gue (waktu itu) pacaran sama cowo yang sempurna (dalam fantasi gue sendiri ?). Mungkin, Jody udah tau ini jauh sebelom gue sadar. Dan walopun gue sebel mesti ngakuin ini, tapi Jody udah nyelametin gue dari patah hati yang lebih ekstrim kalo hubungannya tetep dilanjutin. And for that, I owe him.

Kalo gue ga (di)putus(in) sama Jody, mungkin sampe sekarang gue masih stuck di hubungan yang ga kemana-mana. Masih ngarep dia bakal lebih peduli dan perhatian. Masih nangis tiap minggu. Kalo gue ga (di)putus(in) Jody, gue ga bakal ketemu Eric. Diputusin Jody membuat gue belajar bahwa apa yang lo pikir paling bagus buat lo dan bakal bikin lo seneng, seringkali pada kenyataannya ga bener.

Learn to accept and let go. It might fucking hurt, but in the end, it'll worth it.

2 komentar:

  1. Bella, cerita lo kok bikin gue terharu ya? Lo bisa bermain kata-kata tentang kegalauan lo tapi ga cengeng, lo malah jadi hip gitu tulisannya, super!

    BalasHapus
  2. situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,judi bola online,poker online indonesia, daftar situs poker online indonesia
    poker 88,situs poker online indonesia uang asli,situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,poker online indonesia
    nice post....
    article yang menarik untuk dibaca dan bermanfaat...
    maju terus sob,,,
    kunjungi blog saya juga ya sob, http://chaniaj.blogspot.com
    dan kunjungi juga situs kesayangan kami http://www.oliviaclub.com/oliviaclub/index.php
    link alternatif http://www.oliviaclub.net/oliviaclub/index.php
    oliviaclub poker online uang asli indonesia terbaik dan terpercaya
    Poker Indonesia, Indonesia Poker, Poker Online Indonesia
    yuk,,buruan gabung,,ada bonus nya lho,,,,

    BalasHapus